Definisi Penyakit Kanker Rahim

Definisi Penyakit Kanker Rahim

Cara Mengobati Kanker Rahim Tanpa OperasiDefinisi Penyakit Kanker Rahim,- Kanker rahim (kanker endometrium) biasanya timbul dari sel-sel dari dinding rahim (endometrium). Kanker terjadi terutama pada usia lanjut. Prognosis untuk kanker rahim yang sangat baik dengan penghapusan awal tumor. Nama lain untuk Kanker Serviks kanker rahim keras, kanker rahim atau kanker rahim.

Penyebab pasti kanker rahim belum sepenuhnya terungkap. Tetapi dapat dipastikan bahwa pengaruh hormon seks wanita estrogen pada endometrium dalam perkembangan kanker rahim memainkan peran penting: Risiko kanker endometrium meningkat ketika estrogen terjadi terutama panjang atau dalam konsentrasi yang sangat tinggi dalam tubuh – misalnya:

  • Pada periode awal-awal tertentu (menstruasi),
  • Ketika datang ke menopause terlambat (waktu menstruasi terakhir),
  • Dengan asupan jangka panjang dari olahan mengandung estrogen saja.

Selain itu, ada faktor risiko lain untuk kanker endometrium (misalnya yang disebut. Sindrom metabolik). Adalah seorang wanita beberapa kali dalam hidup mereka hamil atau telah tertelan dalam jangka panjang, pil KB, risiko kanker rahim, namun berkurang.

Indikasi pertama dari kanker rahim biasanya perdarahan vagina yang terjadi setelah menopause – yaitu ketika wanita sudah tidak menstruasi normal perdarahan lebih. Juga perdarahan yang luar biasa kuat atau tidak teratur pada wanita sebelum menopause mungkin tanda kanker endometrium.

USG dapat mengkonfirmasi kecurigaan kanker. Untuk mengkonfirmasi diagnosis kanker rahim, dokter kandungan melakukan kuretase disebut rahim dan dapat menyelidiki jaringan kasus dihapus.

Dalam kebanyakan kasus kanker rahim, perlu untuk menghapus rahim dalam operasi (histerektomi). Jika setelah operasi tumor masih sisa dalam tubuh adalah terbelakang, terapi radiasi dapat merusak jaringan tumor residual. Pada tahap awal kanker dan jika operasi tidak mungkin, juga radioterapi saja tanpa operasi peluang bagus untuk obat kanker endometrium.

Kanker rahim adalah tumor ganas yang biasanya berasal dari sel-sel dari lapisan rahim. Dari kolektif istilah “karsinoma” untuk tumor ganas, misalnya, kulit dan jaringan mukosa dan nama latin “endometrium” untuk endometrium, istilah teknis hasil endometrium untuk tumor ini. Tetapi kanker rahim istilah atau karsinoma endometrium yang umum.

Ada dua jenis kanker rahim:

  • Tipe I karsinoma: estrogen-dependent kanker
  • Tipe II Karsinoma: estrogen kanker independen

Anatomi

Cara Mengobati Kanker Rahim Tanpa OperasiRahim adalah bagian dari organ reproduksi wanita. Dalam dirinya sarang telur dibuahi dan tumbuh menjadi janin zoom. Secara anatomis, perbedaan antara tubuh rahim (corpus) dan serviks (leher rahim). Serviks adalah bagian yang menghubungkan antara vagina dan tubuh rahim. Pada perceraian dekat akhir serviks adalah serviks (leher rahim). Pada bagian atas tubuh rahim berbaring di kedua sisi saluran tuba (tabung).

Lapisan rahim yang berbeda dari struktur selaput lendir di vagina. Zona transisi antara dua jaringan yang berbeda dalam rentang serviks. Oleh karena itu, tumor ganas rahim berbeda secara signifikan dari tumor serviks (kanker leher rahim).

Frekuensi

Di Indonesia jatuh sakit setiap tahun sekitar 11.550 perempuan di sebuah kanker endometrium. Dengan demikian kanker paling umum keempat pada wanita dan yang paling umum dari organ reproduksi wanita. Insiden meningkat dengan usia – rata-rata, perempuan yang bersangkutan berusia 69 tahun.

Ketika kanker rahim (kanker endometrium) penyebab pasti belum sepenuhnya diklarifikasi. Sebagai pemicu penting adalah valid, namun, pengaruh hormon seks wanita estrogen pada endometrium. Dengan demikian, risiko kanker meningkat ketika estrogen terjadi terutama panjang atau dalam konsentrasi yang sangat tinggi di dalam tubuh.

Yang mungkin terjadi, misalnya, pada menarche onset sangat awal (menstruasi). Demikian juga diperpanjang akhir terjadi menopause (saat periode menstruasi terakhir) pengaruh estrogen pada endometrium. Mengambil seorang wanita untuk persiapan waktu yang lama, yang hanya berisi estrogen, sehingga juga meningkatkan risiko kanker rahim.

Faktor risiko, terutama tipe I karsinoma (kanker endometrium tergantung estrogen), adalah:

  • penggunaan jangka panjang estrogen (tanpa menelan pelindung tambahan dari progestin hormon)
  • sindrom metabolik, yaitu kombinasi
  • perut ditekankan obesitas (adipositas)
  • Dislipidemia (kolesterol tinggi),
  • Tekanan darah tinggi (hipertensi) dan gangguan metabolisme glukosa (pertama sebagai apa yang disebut. resistensi insulin, diabetes mellitus kemudian)
  • Diabetes Mellitus
  • Sindrom ovarium polikistik (disebut. Polycystic ovary syndrome)
  • Tanpa anak (med istilah teknis :. nulliparity)
  • Kanker payudara (kanker payudara)
  • Tamoxifen (senyawa aktif untuk pengobatan kanker payudara)
  • Sindrom HNPCC (bentuk herediter kanker usus)
  • Usia: terutama perempuan lebih dari 60 tahun menderita karsinoma endometrium (Disebut. Multiparitas) Jika seorang wanita telah ditanggung beberapa anak menurun risiko kanker rahim. Hal ini disebabkan distribusi hormon selama siklus menstruasi dan selama kehamilan: Dalam siklus menstruasi normal, hormon estrogen merangsang perkembangan dan pertumbuhan lapisan rahim sehingga telur yang dibuahi mungkin akhirnya menetap di dalam rahim. Pada wanita yang tidak pernah akan hamil, dinding rahim ini “stimulus pertumbuhan” baru saja terkena oleh estrogen setiap bulan. Diperkirakan bahwa dengan meningkatkan risiko degenerasi endometrium.

Selama kehamilan, bagaimanapun, menentukan korpus luteum hormon progesteron (progestin) kadar hormon. Ini memastikan, misalnya, bahwa endometrium dipertahankan selama kehamilan. Semakin sering seorang wanita dalam hidup mereka hamil, semakin pendek periode, bertindak dalam estrogen yang sendirian di endometrium – risiko karsinogenesis dengan demikian berpotensi berkurang.

Juga mengambil pil KB dapat mengurangi risiko kanker endometrium. Persiapan ini juga mengandung progestin dan menekan antara lain, stimulasi pertumbuhan estrogen-diinduksi pada endometrium. Mungkin ini adalah penjelasan dari efek mengurangi risiko mereka. Selain itu, latihan fisik yang cukup serta diet kaya kedelai jangka panjang mengurangi risiko kanker rahim.

Terutama pada tahap awal (disebut perdarahan vagina.) Exist untuk kanker rahim (kanker endometrium) kecuali perdarahan vagina sering tidak ada gejala. Jika, misalnya, perdarahan ketika orang yang bersangkutan sudah meninggalkan menopause di belakang mereka, dapat berpotensi menempatkan kanker rahim belakang.

Dalam beberapa kasus, selain

  • Nyeri di panggul,
  • sebuah purulen, daging berwarna atau berdarah, berbau busuk discharge dari vagina di luar masa menstruasi
  • dan penurunan berat badan paksa
  • menarik perhatian kanker.

Jika tumor membesar, dapat tumbuh dari rahim ke organ-organ atau jaringan yang berdekatan. Jika dinding panggul menderita kanker, kanker rahim dapat menyebabkan gejala nyeri, menembus tumor kandung kemih, yang UTI kronis terjadi. Urin kemudian dapat dicampur dengan beberapa darah. Sebuah Harnrückstau di ginjal adalah mungkin – sebagai hasilnya, kemudian datang kembali sakit.

Sudah pada tahap awal kanker rahim (kanker endometrium) didiagnosis dengan cara tes khusus hanya untuk meminta – karena wanita yang bersangkutan tidak pergi, namun, karena kurangnya gejala ke dokter, kanker rahim sering tetap tidak terdeteksi pada tahap awal. Untuk diagnosis tepat waktu pemeriksaan rutin ginekologi karena itu yang teratur sangat penting: smear dan palpasi serviks memungkinkan diagnosis dini kanker serviks. Meskipun ginekolog di pemeriksaan ini sampel dari dalam rahim tidak mengambil ditargetkan, dia bisa bertanya, misalnya, untuk perdarahan mencolok dan juga mendeteksi tanda-tanda dari kanker rahim sangat awal dalam percakapan dengan pasien.

Jika karena perdarahan atau sakit kanker rahim diduga, scan ultrasound dapat mengkonfirmasikan diagnosis. Ginekolog mungkin kemudian kuretase rahim (disebut. Kuret) mengkonfirmasikan diagnosis. Dokter mengambil jaringan mukosa dan dapat diperiksa di bawah mikroskop untuk sel-sel kanker di laboratorium sana.

Yang disebut histeroskopi juga dapat berkontribusi dalam beberapa kasus Kanker Serviks untuk memperjelas diagnosis. Dalam penelitian ini, dokter kandungan melakukan tabung melihat ke dalam rahim, melalui mana ia dapat melihat lapisan rahim dan mendeteksi perubahan yang mencurigakan.

Kanker rahim diduga telah dikonfirmasi, studi lebih lanjut diperlukan untuk menentukan penyebaran tumor. Selain pemeriksaan USG panggul dan perut sedangkan computed tomography (CT) dan magnetic resonance imaging (MRI) memainkan peran penting.

Untuk perencanaan terapi, penting untuk mengetahui apakah kanker rahim sudah tumbuh luar rahim di luar dan organ yang berdekatan (misalnya kandung kemih) telah penuh. Selain itu, dokter harus memeriksa apakah tumor telah membentuk tumor sekunder (metastasis) di kelenjar getah bening panggul atau organ jauh seperti hati atau paru-paru.

Ada beberapa pilihan pengobatan ketika kanker rahim (kanker endometrium). Terapi yang paling efektif adalah sejauh operasi.

  • Operasi

Cara Mengobati Kanker Rahim Tanpa OperasiTerapi dengan kemungkinan terbesar dari pemulihan dan oleh karena itu pengobatan pilihan adalah operasi. Rahim akan dihapus bersama dengan kanker. Istilah teknis untuk operasi ini adalah histerektomi. Dokter bedah menghilangkan tambahan saluran tuba dan ovarium, dan kelenjar getah bening yang terletak di panggul.

Sementara operasi dapat menjadi penyebaran tumor akurat menilai. Jika masih ada sisa tumor setelah operasi di tubuh, adalah mungkin untuk membunuh sel-sel ini oleh Nachbestrahlungen.

  • Radioterapi

Cara Mengobati Kanker Rahim Tanpa OperasiApa radioterapi untuk kanker rahim adalah yang paling sesuai tergantung pada penyebaran tumor. Tujuan utama dari terapi radiasi adalah untuk mencegah kembali kanker rahim setelah operasi (disebut. Radioterapi Adjuvant).

Karena tidak jelas apakah didirikan radioterapi umumnya dapat memperpanjang harapan hidup pasien, dokter harus selalu mempertimbangkan apakah dan metode apa iradiasi ia menggunakan:

Jika ahli bedah mampu menghilangkan tumor sepenuhnya, kanker endometrium, bagaimanapun, sudah tumbuh dekat dengan vagina, adalah yang disebut radiasi lokal yang bersangkutan. Hanya bagian atas vagina disinari pada transisi asli untuk rahim. Metode yang digunakan untuk tujuan ini disebut afterloading atau brachytherapy. Dengan cara ini melindungi organ dan jaringan, yang tidak terpengaruh oleh tumor (misalnya, kandung kemih atau usus).
Haruskah Kanker Serviks diperpanjang di panggul atau kelenjar getah bening, iradiasi sering dilakukan dari luar. Iradiasi ini bentuk (disebut. Radiasi eksternal atau tele-terapi), bagaimanapun, adalah kurang ramah daripada, misalnya, metode setelah-loading.

Pada tahap awal kanker radioterapi saja dapat (tanpa operasi) menawarkan kesempatan untuk penyembuhan. Namun, karena kemungkinan penyembuhan umumnya lebih baik di operasi, radioterapi saja digunakan terutama pada wanita menjadi pertimbangan, yang tidak bisa mengatasi dengan baik pertunangan karena usia lanjut mereka, penyakit sekunder parah atau kesehatan yang buruk.

  • Kemoterapi

Cara Mengobati Kanker Rahim Tanpa OperasiKemoterapi berlaku untuk kanker rahim tidak sangat efektif. Karena efek samping kadang-kadang serius dan khasiat diterjemahkan dokter kemoterapi rendah untuk kanker rahim hanya enggan satu – dan kemudian biasanya hanya dalam kombinasi dengan operasi dan radiasi. Kemoterapi terutama digunakan untuk mengobati tumor sekunder (metastasis).

Meskipun pemeriksaan rutin di dokter kandungan munculnya kanker rahim (kanker endometrium) tidak aktif mencegah, sehingga mereka membantu deteksi dini kanker pada organ reproduksi wanita.

Jika Anda mengambil obat setelah menopause yang hanya berisi estrogen, mereka harus selalu dikombinasikan dengan progestin.

Jika Anda melihat pendarahan vagina (perdarahan dari vagina), yang terjadi di luar aturan atau setelah menopause, Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda. Dia kemudian dapat menentukan penyebab gejala ini pada tahap awal.

Sumber: Cara Mengobati Kanker Rahim Tanpa Operasi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s